Cara Meningkatkan Bobot Ternak

Cara Meningkatkan Bobot Ternak

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae. Saat ini sejumlah jenis kelinci menjadi hewan peliharaan dan hewan pedaging. Persebaran kelinci di dunia menimbulkan sebutan yang berbeda-beda. Di Eropa disebut rabbit. Di Indonesia hewani ini disebut kelinci. Sedangkan di Jawa disebut trewelu dan sebagainya.
Secara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis. Pertama, kelinci liar. Kedua, kelinci peliharaan. Yang termasuk dalam kategori kelinci liar adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).
Beternak kelinci memiliki beberapa keunggulan yaitu daging kelinci yang dihasilkan berkualitas tinggi dengan kadar lemak rendah, perkembangbiakannya cepat, hasil sampingnya (kulit, bulu) dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain, pemeliharaannya cukup mudah, tidak membutuhkan lahan yang luas, biaya produksi relatif murah, bisa memanfaatkan pakan hijauan dari sisa dapur atau hasil samping produk pertanian.
Cara Meningkatkan Bobot Ternak
Pakan utama kelinci adalah Rumput, Sayuran dan Bijian. Rumput timothy adalah pakan terbaik kelinci. Kadar serat rumput timothy cukup baik sehingga tidak menimbulkan masalah pencernakan. Rumput jenis lain, termasuk jerami juga bisa, namun harus dalam kondisi layu, terutama pada musim hujan rumput harus dijemur hingga kering. Untuk takaran pemberian makan rumput perhari disesuaikan sebesar badan kelinci.  Waktu pemberian makan yang baik adalah ketika sore hari.
Karena budidaya atau ternak kelinci cukup mudah dan memiliki prospek menjanjikan, maka hampir setiap negara di dunia memiliki ternak kelinci karena kelinci mempunyai daya adaptasi tubuh yang relatif tinggi sehingga mampu hidup di hampir semua iklim seluruh dunia. Kelinci dikembangkan di daerah dengan populasi penduduk relatif tinggi.
Akan tetapi, meskipun banyak kemudahan dalam budidaya kelinci, tetaplah memerlukan perencanaan yang matang agar hasil yang didapatkan juga bisa lebih maksimal. Beberapa perencanaan yang perlu diperhatikan seperti pengetahuan dasar tentang hewan kelinci dan cara merawatnya, pembuatan kandang dan penyediaan semua perlengkapannya, perencanaan produksi, pemilihan bibit yang unggul, manajemen beternak serta pemasaran pascapanen.

Cara Meningkatkan Bobot Ternak
Untuk meningkatkan keberhasilan peternak dalam proses penggemukan kelinci PT. Natural Nusantra dengan pengembangan teknologi untuk Produk Peternakan yang mengedepankan aspek k-3 yaitu kuantitas, kualitas, dan kelestarian untuk lingkungan.

Produk untuk penggemukan kelinci dari NASA ini bukan sekedar obat biasa saja, melainkan nutrisi tinggi dengan kandungan asam amino esensial serta mineral alami yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan bobot kelinci.

Cara Meningkatkan Bobot Ternak
Produk PT Natural Nusantara terbuat dari bahan-bahan organik yang sangat baik untuk kelinci. Manfaat menggunakan produk Nasa adalah kelinci menjadi sehat, berat badan terus bertambah, pencernaan sehat, kebutuhan vitamin, mineral, nutrisi yang dibutuhkan seperti protein lemak vitamin akan tercukupi. Nafsu makan kelinci akan meningkat meskipun begitu hasil akhirnya tetap meningkatkan efisiensi pakan.

Berikut Produk Nasa yang digunakan untuk beternak kelinci:

Viterna (Vitamin Ternak Natural) 500 cc

Hormonik (Hormon Organik) 100 cc

POC Nasa (Pupuk Organik Cair Nasa) 500cc

Cara Aplikasinya Produk Nasa Pada Kelinci
Campurkan terlebih dahulu 1 botol VITERNA + 1 botol POC NASA + 1 botol HORMONIK ke dalam satu wadah khusus dan kocok hingga tercampur sempurna.
Ambil larutan yang sudah tercampur tadi dengan ukuran 5 cc (setengah tutup) untuk 10 liter air minum. Pemberian air minum perlu disediakan di kandang untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.
Ambil 5 cc (setengan tutup) kemudian dicampurkan dengan sedikit air untuk pembasah pada pakan konsentrat. Pemberian pakan konsentrat ini cukup diberikan sehari sekali saja pada pagi hari. Selebihnya gunakan pakan hijauan.

Dosis Produk Nasa Untuk Budidaya Ternak Kelinci
Viterna, POC Nasa, dan Hormonik, masing-masing setengah tutup dicampur pada pakan basah/komboran sebanyak 1/2-1 kg, di beri setiap hari
Waktu pemberian : Pagi atau Sore hari
Pemberian Produk Nasa tidak menyebabkan Kemajiran/Kemandulan atau Keguguran.

Keunggulan Produk Nasa Pada Hewan Ternak Kelinci
Berasal dari bahan alami/organik, bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
Merupakan pakan tambahan yang berperan sebagai sumber protein, mineral dan vitamin
Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia atau sintetik
Meningkatkan nafsu makan
Mempercepat adaptasi kelinci terhadap pakan, pada saat pertama kali masuk kandang
Mengurangi kesetresan pada kelinci baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah kelinci divaksinasi atau saat kelinci dalam proses pengobatan
Mempercepat pertumbuhan kelinci
Mengurangi bau kotoran
Meningkatkan kesehatan kelinci
Meningkatkan kualitas daging kelinci dengan bentuk lebih padat dan rendah lemak.

UNTUK KONSULTASI DA PEMESANAN RODUK NASA HUBUNGI 0877 3423 0273
Cara Meningkatkan Bobot Ternak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meningkatkan Bobot Ternak"

Posting Komentar